Minggu, 07 November 2010

SMP Cisayong





Akhirnya ngisi blog lagi setelah sekian lama dilupain blogku..hehe

Kali ini aku mau bagi2 hasil karyaku slama bulan Juli-agustus kemarin ngejalanin KKN di desa Cisayong, Tasikmalaya. Waktu itu sebenarnya aku gak punya program buat desain SMPN1 Cisayong, tapi bapak-bapak komite sekolah ternyata minta tolong aku sama alin yang sama-sama dari arsitektur untuk ngedesainin bangunan baru untuk sekolah mereka, karena bangunan sekolah mereka yang lama udah rata dengan tanah akibat gempa di Tasikmalaya tanggal 2 September 2009 yang lalu.

Konsep bangunan sekolah ini sebenarnya simpel. Mengambil identitas lokal daerah Jawa Barat yang identik dengan material BAMBU, maka desain SMPN1 Cisayong ini juga banyak menggunakan ornamen BAMBU pada keseluruhan bangunannya walaupun struktur utama tetap menggunakan beton bertulang. Elemen bambu digunakan pada detil railing pada balkon lantai 2 dan pada jendela di bagian tangga, menggunakan bambu yang dipotong melintang dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pola yang menarik dan berbeda. Railing tersebut juga sengaja diberi kemiringan sebesar 20derajat supaya meningkatkan keamanan.
Selebihnya, kami hanyamendesain sesuai dengan standard bangunan pendidikan, mengingat ini sekolah negri sehingga masalah danapun pastilah terbatas. Untuk material bambu, di daerah setempat bisa didapatkan dengan mudah sehingga meringankan anggaran.


4 komentar:

  1. astri, salam kenal, saya ingin bertanya, jadi dalam program KKN kamu, kegiatan kamu mendesain seperti ini terhitung tugas? walaupun, mungkin, tim kamu kan punya sebuah misi bikin apaa gitu. so, bisa dijelasin?

    BalasHapus
  2. halo abiiiibir pecah-pecah...
    jadi bgini, sebelum KKN kan kita udah bikin program apa-apa aja yang mau kita lakuin pas KKN, tapi kenyataannya ga selalu program2 itu jalan..
    jadi semua nyesuaiin sama sikon di lapangan aja..
    begitu...
    NB:eh, komenin tourism centerku dong..^^

    BalasHapus
  3. nagaa.... nihh ta' komen...
    tapi opo yo... hoho
    inget cisayong inget bu edeh,inget bu cucum, inget kkn, inget pak dosen, inget rebutan makanan (ngeliatin kalian rebutan makanan maksudnya), dan inget belanja.. hehehe

    like this buat desainmu ini,,, aq suka detail bamboonya... (masukin di desain rumahku ntaarrrr yaa.. hehe)
    kapan mau ke cisayong lagi neng? syapa tau rancanganmu ini udah jadi disana.. hehe

    BalasHapus
  4. astroooooo........
    bantu aku bikin masjid santanamekar!!!!!!!!
    ASAP....muahahhaha

    oke oke?? oke dong...kamu kan anakku, harus nurut padaku!!!!!!

    BalasHapus